^Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru …

29 Nov 2014

Senin, 22-9-2014 … saya meng-akhir-i masa ‘mukim di kota Pekanbaru selama 50 hari … dalam kurun waktu itu, sempat 1 kali weekend pulkam ke Kuansing, 1 kali balik ke Jakarta selama 1 minggu dan bolak-balik mengunjungi kebon sawit di sekitar kota bertuah ini … hahaha :P … kejadian bulan lalu yang dijadikan postingan … nuansanya daur ulang … ;)

Dan pagi itu … saya sudah berada di bandara - Sultan Syarif Kasim II - kota bertuah Pekanbaru yang megah itu … kembali ke Ibu Kota lagi … ah, siapa suruh datang ke Jakarta … Jakarta kota beton belantara plus penuh asap knapot kendaraan … beda dengan Pekanbaru … kota ini masih dikelilingi oleh nuansa hijau hutan plus hijau daun sawit … terkadang ada hutan yang ‘terbakar … ‘export asap sampai ke Singapore … :P

3a74498eae993be1fccfd149b88bb029_bandara-pku

Selayang pandang … tentang Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru (Riau) … nama itu adalah nama Sultan Siak yang telah diakui sebagai ‘Sang Pahlawan Kemerdekaan RI dan diabadikan sebagai nama bandara di Pekanbaru … dahulu bernama Bandara Simpang Tiga, Pekan baru … :)

Karena jasa2 beliau … termasuk tokoh yang pertama kali bersama Sultan Hamengku Buwono IX … langsung mengakui Kemerdekaan Republik Indonesia tanpa syarat … setelah di - Proklamirkan oleh Sukarno-Hatta tanggal 17 Agustus 1945 … dan langsung pula menyatakan bahwa Kerajaan Siak Sri Idrapura di Riau … menjadi bagian dari NKRI tercinta tanpa syarat..!

Dan waktu itu … kota Siak adalah ibukota Kerajaan Siak Sri Indrapura sedangkan kota Pekanbaru yang bagian dari Kerajaan Siak, masih berupa kota kecil … masih berupan kota ‘pekan yang artinya tempat pasar … sedangkan pada awal berdirinya Propinsi Riau ibu kotanya adalah Tanjung Pinang di pulau Bintan bagian dari Kepulauan Riau (Kepri). (foto-foto by soeman jaya).

***

Bandara Sultan Syarif Kasim …. kota Pekanbaru - Riau ini sudah jauh berbeda dibandingkan 3 tahun yang lalu … Ini yang ingin saya ‘ceritakan sekilas pintasyukk … :P

214a7ac7b74593cb3a46d97fcc75c2e8_pku-1

Penampakan di dalam gedung Sultan Syarif Kasim … tempat penjualan tiket dan pelaporan ‘ceq in … ‘di depan tangga untuk naik ke lantai dua tempat pelayanan … dan terlihat seorang ceweq cantik sedang bertugas menuggu tamu perusahaannya yang terdaftar sebagai penumpang VIP … Waktu saya lewat di depannya … sigadis itu bertanya : ‘apakah anda penumpang VIP yang saya tunggu..? Wah, saya jadi geer … saya jawab, bukan … :P

fffe9387a6c3a65cdf2fdffdcdf5d8c1_pku-2

Sejajar dengan tangga ini, terdapat toko2 yang menjual oelh2 dan cendera mata … karena belum sempat beli oleh2 … saya mampir ke toko tempat penjualan pancake.

***

Setelah beli oleh2 … saya pun naik kelantai tempat pemberangkatan …. melewati pintu pemeriksaan. :)

d366d2a7d21acccff2da5a81c88e659b_pku-13

Ini penampakan setelah pintu pemeriksaan dilantai dua …

Beberapa hari ini … jadwal penerbangan sering ditunda … dan saya selalu di tanya oleh kerabat dan teman di Jakarta, tentang ‘kabut asap akibat pembakaran hutan di Jambi, Palembang dan Riau sendiri … yang mengganggu penerbangan pesawat udara …. saya jadi ikut was-was jadwal penerbangan ditunda … namun saya optimis karena pagi tadi hujan turun … konon katanya itu hujan buatan. Gak percaya..? kata siteman mandi hujan saja dan cicipin airnya, pasti asin… hehehe … :P

117769e92da088e19e2ad0dd38655002_pku-3

Sebelum masuk … ke ruang tunggu saya lihat ada tempat yang cukup refresentatif Excelso … tempat apa ya, restoran kah? … Namun saya langsung masuk ke ruang tunggu karena ingin melihat jadwal penerbangan … :)

2d09c7cbfc323f2dd8e2d1cb00c8cc12_pku-5

Saya langsung … menuju papan board ‘Jadwal Penerbangan … pesawat Batik Air jam 11.45 WIB … moga-moga tidak ditunda … Kamis kemaren tiga penerbangan Pekanbaru - Jakarta, di tunda penerbangannya … Malah Rabu sebelumnya saya dengar cerita dari teman di Pekanbaru, pesawat Garuda dengan penerbangan sore yang dia tompangi dari Jakarta - Pekanbaru … harus mendarat ke Batam dan menginap semalam di kota itu atas biaya masing2. :(

Tibalah saatnya … para penumpang Batik Air dipersilahkan masuk ke dalam pesawat terbang melalui ‘gate II … :)

20db1ba665ce8a75aa15050972059930_pku-6

Tempat untuk masuk ke pintu pesawat sudah sama kayak di Cengkaremg … masuk lewat pintu belalai … :)

effc915dd78e3d02440aa2cb8ac3e8f4_pku-7

Saya pun ikut masuk dengan tertib dan menuju ke bangku nomor 9D … yang terletak agak didepan dan ditengah dipinggir jalan … saya pilih tempat itu agar mudah menuju kamar kecil … :P

bcb31ae9f85bdefa15e81c0324709a55_pku-8

Setelah duduk di kursi nomor 9D … saya melihat suasana di dalam pesawat dan kelihatan pramugari Batik Air dengan seragam ‘kebaya ketat … sempat terlintas dalam pikiran ingin tahu nomor pin BB-nya … wkwkwk … ;) :P

763d4d6bb41cdd7c81aa194bfe37e8cd_pku-9

Alhamdulillah … Pesawat Batir Air terbang dengan lancar … kenapa saya merasakan hal ini … karena semakin sering terbang saya semakin takut dan ada rasa was2. :P

d33304ff0c19c3d581f673934e1b0c38_pku-10

Selama penerbangan yang memakan waktu 1 jam 20 menit saya ikut seperti penompang sebelah … menikmati tayangan tivi kecil didepan tempat duduk masing-masing … saya pilih ‘hiburan tari2an tradisional. :P

26760ebc4eeb515342f6210b5a2f2ae6_pku-11

Tepat pukul 13.45 WIB … pesawat Batik Air dari Lion Group … mendarat di bandara sukarno hatta, cengkareng … kembali ke Jakarta ... walaupun kota metropolitan ini … serba macet cett jalan rayanya, namun tetap dan selalu menjadi kota idaman, karena disini ‘rasa dan asa dicurahkan … :D