SMS Penipuan ..?!

1 Apr 2015

Beberapa minggu yang lalu … saya mendapat pesan BBM-an yang bunyinya begini … :)

“Sering mendapat SMS Penipuan yg menyatakan Anda Menjadi Pemenang kuis, SMS yg pura2 Nyasar tentang transfer uang, mama genit minta pulsa, agen pulsa super murah dst.

Jgn dibiarkan, saat ini ada cara utk menanggulanginya :

3 Tips Cara Memblokir Nomer Hp Penipuan

1. TELKOMSEL Format SMS :penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan dan kirim ke 1166 …

Contoh : Penipuan#0812123456#selamat anda mendptkan 1 unit mobil Avanza dari Telkomsel poindst lalu kirim ke 1166.

2. XL Format SMS :Lapor#Nomor yg di gunakan utk menipu#kasus yg di keluhkan lalu krm ke 5883.

3. INDOSAT Format SMS : SMS(spasi)Nomor pengirim SMS penipuan(spasi)isi SMS penipuan, kirim ke 726.

Jika sudah … lebih dari 2 org yg melaporkan SMS penipuan, maka nomor tersebut segera diblokir secara permanen oleh operator. Layanan ini gratis.

Dan jika mengalami … penipuan dalam Transaksi ONLINE cukup kirim kronologis dan No. Rekening si penipu ke Email :

cybercrime@polri.go.id.

POLRI akan langsung bertindakdengan memblokir ATM si penipu & melacak keberadaannya untuk ditindak sesuai hukum. Share ke yg lain utk membantu mencegah maraknya penipuan dgn Modus Online.

Semoga bermanfaat dan berguna bagi kita..!

***

Demikian bunyi pesan via BBM-an … Pernakah anda mendapat pesan pendek atau telpon demikian..?

Saya sering juga … mendapat SMS yang nuansanya penipuan kayak begitu … bukan itu saja, malah pernah mendapat telpon penipuan … yang meng-iming2i hadiah uang sekian puluh juta atau hadiah mobil … atau tau-tau dapat SMS yang nuansa menjebak kita … :P

c6e60ab9c35086762d92b4ef0f245079_asms-4

Ini penampakan … sebuah SMS yang tiba-tiba masuk dari nope +6285877047197 … yang tidak saya kenali sipengirimnya … karena sipengirim tidak ada dalam daftar kontak saya … :)

2f84754a4817658a2880e458bc861cbc_a-sms-7

Dan bunyi SMS itu : ‘ayah, isikan pulsa 20rb di no ini 085218356051 skrg.

SMS itu jelas-jelas nuansanya ingin ‘menjebak minta pulsa 20ribu … dan kalau kita kurang jeli, bisa-bisa kita kira SMS dari anak/saudara ataupun dari famili dekat yang kenal kita … yang sedang memerlukan pulsa segera dan penting.

Dua hari kemudian … saya juga mendapat SMS yang nuansanya ingin menipu … begini bunyinya :

Uangnya kirim aja kerekening, Mandiri atas nama Maya Haryani. No. rekening : 171-000063-6640 … sipengirim SMS dari nope 082188535624

SMS ini langsung … saya adukan dengan menggunakan Tips Cara Memblokir Nomer Hp Penipuan No.1 yaitu : TELKOMSEL Format SMS : penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan dan kirim ke 1166 … :)

penipuan#082188535624#Uangnya kirim aja kerekening, Mandiri atas nama Maya Haryani. No. rekening : 171-000063-6640 … terus langsung dikirim ke 1166.

d05a7570e7e8124f551cdb12475bd9f2_asms-2

Ini penampakan sms pengaduan yang saya kirim ke 1166 itu … :)

45af41d5f38972bb31e235f52b377742_asms-3

Dan ini penampakan SMS balasan dari 1166 …

dan sms itu saya balas dengan pesan “apakah terbukti Penipu?

Sayang tidak ada jawaban dari Telkom 1166 tersebut … :(

***

Minggu lalu … saya juga dapat SMS yang tidak dikenal si-pengirimnya … yuk lanjut … :)

Ini penampakan SMS itu untuk Nasabah BANK BNI … lihat isi SMS itu :

f81062a2a5e21901bf3d4869b5aee46f_asms-6

Kentara selali … SMS itu ingin menipu saya - kenapa? … karena saya bukan nasabah BNI … jelas sekali ada nuansa ‘penipuan … tetapi kok asal kirim saja? Tidak dicek dulu apakah sicalon korban adalah nasabah bank BNI..?

Terus … karena saya yakin itu penipuan … maka saya pura-pura antusias tertarik dan memberi jawaban via SMS lagi …

Waduh trus gimana selanjutnya..?

Bantu dong pak/bu bagaimana pengurusan selanjutnya - tq ya

34afc6ee85309b8865f936ad931db1aa_asms-7

Ini penampakan sms itu … hehehe … :P

***

Besoknya … saya dapat SMS dari Telkomsel yang isi pesannya mengingatkan agar jangan mudah percaya pada SMS yang berasal dari pihak tidak dikenal.

c1d086b1481fc1b8f60954a5c9e9f114_asms-15

Ini penampakan SMS dari Telkom … :)

Alangkah banyaknya … modus penipuan dari dunia maya bekerja sama dalam dunia nyata. Ini pertanda apa ya? Apakah karena sulitnya lapangan kerja sehingga apa saja dihalalkan oleh sekelompok/seorang oknum..? Atau moralitas sebagian anak bangsa ini sudah turun ketitik nadir..?

***

Jakarta, 01 April 2015

0o0


TAGS


-

Author

*Laa Illaaha Ill-Allah Muhammad-Rasulullah

Follow Me